Etimologi dan biologi Kopi


Etimologi
Pertama merujuk pada "kopi" dalam bahasa Inggris, dalam bentuk chaoua di tahun 1598. Dalam bahasa Inggris dan bahasa-bahasa Eropa lainnya, kopi berasal dari Turki Ottoman kahve, melalui Caffe Italia. bahasa Turki meminjam dari bahasa Arab: قهوة, qahwah. Arab lexicographers mempertahankan bahwa awalnya qahwah dirujuk ke jenis anggur, dan memberikan para etimologi, pada gilirannya, untuk qahiya kata kerja, yang berarti "tidak punya nafsu makan", karena minuman ini dianggap membosankan bagi seseorang yg kelaparan. Beberapa alternatif etimologi ada yang berpendapat bahwa Arab dapat menyembunyikan loanword sumber Ethiopia atau Afrika, menyarankan Kaffa, di barat daya dataran tinggi ethiopia sebagai salah satunya, karena tanaman berasal dari daerah itu. Sebaliknya, qahwah istilah tidak diberikan kepada berry atau tanaman lokal di sana, yang disebut Bunn, nama asli di Shoa menjadi roti.
Biologi
Beberapa spesies dari semak dari genus Coffea menghasilkan buah dari kopi yang diekstrak.Dua jenis utama yang dibudidayakan secara komersial adalah Coffea canephora (terutama formula yang dikenal sebagai 'robusta') dan C. arabica. Coffea arabica, yang asli dan jenis yang dianggap paling tinggi, adalah asli barat daya dataran tinggi Ethiopia dan Boma Plateau di tenggara Sudan dan mungkin Gunung Marsabit di utara Kenya. canephora adalah tanaman asli subsaharan barat dan tengah Afrika, dari Guinea ke Uganda dan Sudan selatan.
Kurang populer spesies C. liberica, excelsa, stenophylla, mauritiana, dan racemosa. Mereka digolongkan dalam keluarga besar Rubiaceae, yang merupakan semak atau pohon kecil yang mungkin tumbuh 5 meter (15 kaki). Daun hijau tua dan mengkilap, biasanya 10-15 cm (4-6 inci) panjang dan 6 cm (2,4 in) lebar. Kelompok wangi bunga-bunga putih mekar secara serentak dan berbentuk oval berry diikuti oleh sekitar 1,5 cm (0,6 in). Hijau ketika dewasa, mereka matang dan menguning, lalu merah, sebelum berbalik hitam pada pengeringan. Setiap berry biasanya berisi dua biji, tapi 5-10% dari berry hanya satu; ini disebut biasanya tumbuh. Berries matang dalam tujuh sampai sembilan bulan.
[source: http://en.wikipedia.org/wiki/Coffee]

No comments:

Post a Comment